LISBADIYAH, ULPAH (2023) PENGEMBANGANIE-MODULIBARISANIDAN DERET BERBANTUAN LECTORA UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSIIMATEMATIS SISWA SMK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. PENGASAHAN.pdf Download (309kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (456kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (112kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (395kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (370kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul barisan dan deret berbantuan Lectora untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa SMK serta menganalisis efektivitas e-modul barisan dan deret dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan e-modul barisan dan deret berbantuan Lectora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE melalui tahap Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna dan soal tes kemampuan koneksi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan media, tahap design peneliti membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, membuat angket respon pengguna. Pada tahap develop peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” serta meminta respon dari 3 orang guru matematika dan uji coba kepada 5 orang siswa di luar kelas X Perbankan Syariah dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implement, e-modul diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 27 siswa kelas X Perbankan Syariah. Pada tahap evaluate diketahui nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa pada posttest lebih besar dari nilai pretest. Respon pengguna terhadap e-modul barisan dan deret berbantuan Lectora positif dengan kategori “sangat baik”. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh pada kategori “Strong Effect. Sebanyak 81,5 % siswa memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis pada materi barisan dan deret. Kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan e�modul barisan dan deret berbantuan Lectora tentang menghubungkan antar konsep dan topik matematika berada pada kategori “sedang”, tentang menghubungkan ide-ide matematika dengan disiplin ilmu lain berada pada kategori “sedang” dan tentang menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari pada kategori “sedang”. Kata kunci: e-modul, kemampuan koneksi matematis
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:10 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12200 |
Actions (login required)
View Item |