PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Singaparna Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024)

SALSABILA, NADHIFA PERMATA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Singaparna Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER Nadhifa (1).pdf

Download (217kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (36kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (31kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (129kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat mengenai permasalahan rendahnya kreativitas siswa pada pembelajaran sejarah dan peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Sejarah Wajib di kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Singaparna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kuasi Eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol grup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Singaparna dengan jumlah peserta 291 siswa dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Singaparna sejumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 SMAN 1 Singaparna sejumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji independen sample t-test dan N-gain. Berdasarkan penelitian yang telah diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa. Pengaruh tersebut terlihat dari adanya peningkatan dari perolehan rata-rata skor pretest sebelum menggunakan model pembelajaran project based learningi sebesar 51,14 dan pada perolehan rata-rata skor posttest sesudah diterapkan model pembelajaran project based learning sebesar 81,99. Berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan hasil bahwa nilai Sig.(2-Tailed) 0.00 < 0.05. dengan demikian maka H0 di tolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning pada pelajaran sejarah Indonesia materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di Indonesia terhadap kreativitas siswa di kelas XI MIPA SMAN 1 Singaparna semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Pembelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:14
Last Modified: 13 Feb 2024 07:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item