HAQ, FAWWAZ FIKRI DINUL (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP DAN PENGGUNAAN PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (48kB) |
|
Text
6 PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (163kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (312kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (401kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (291kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
Abstract
Dapat dilihat dari berbagai aspek bahwa perilaku konsumtif ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya Literasi keuangan, gaya hidup dan juga penggunaan paylater. Perilaku konsumtif ini didasarkan pada kecenderungan seorang individu kecanduan terhadap suatu aktivitas pembelian atau mengkonsumsi barang yang berlebih tentunya bersifat negatif dan membawa permasalahan baik dalam keuangan maupun dalam psikologis seseorang. Masalah perilaku konsumtif ini merupakan salah satu masalah yang paling dekat dengan seorang individu manusia karena perilaku konsumtif ini didasari oleh hasrat keinginan dan kesenangan seseorang setelah mendapatkan barang yang diinginkan dan belum tentu sangat dibutuhkannya. Rumusan Masalah : 1) Bagaimana pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Siliwangi ? 2) Bagaimana pengaruh gaya hidup paylater terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Universitas Siliwangi ? 3) Bagaimana pengaruh penggunaan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Siliwangi ? 4) Bagaimana pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan penggunaan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Siliwangi ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantiatif asosiatif adalah jenis pendekatan penelitian yang bersifat menanyakan ada tidaknya hubungan yang bersifat sebab akibat antara variabel yang mempengaruhi (independen) dan variabel yang dipengaruhi (dependen). Dalam ini penulis menggunakan metode kuantitatif asosiatif digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel yang mempengaruhi atau independen Literasi Keuangan(X1), Gaya hidup (X2) Penggunaan paylater (X3) dan variabel yang dipengaruhi atau dependen Perilaku Konsumtif (Y).Dalam penelitian ini teknik dalam pengambilan sampelnya menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total sampel 121 responden, analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji parsial atau uji t, dan uji simultan atau uji F. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel literasi keuangan (X1) mempengaruhi perilaku konsumtif (Y) dengan signifikan karena bernilai positif, gaya hidup (X2) mempengaruhi perilaku konsumtif (Y) dengan signifikan karena bernilai positif, dan penggunaan paylater (X3) mempengaruhi perilaku konsumtif (Y) dengan signifikan karena bernilai positif.secara parsial ataupun simultan bahwa variabel literasi keuangan (X1), gaya hidup (X2), dan penggunaan paylater (X3) mempengaruhi perilaku konsumtif (Y) dengan signifikan karena bernilai positif. Kata kunci : Literasi keuangan, gaya hidup, paylater dan perilkaku konsumtif mahasiswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 07:09 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 07:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12121 |
Actions (login required)
View Item |