INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL PELESTARIAN LINGKUNGAN KAMPUNG ADAT KUTA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

LUSIANA, NISA (2023) INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL PELESTARIAN LINGKUNGAN KAMPUNG ADAT KUTA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & LEMBAR REVISI PENGUJI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (285kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum kampung adat Kuta, nilai kearifan lokal dan lingkungan Kampung Adat Kuta, serta Integrasi Nilai Kearifan Lokal Pelestarian Lingkungannya Dalam Pembelajaran Sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang artinya penelitian yang berusaha menganalisis kehidupan sosial caranya dengan menggambarkan dunia sosialnya berdasarkan perspektif ataupun pemahaman individual pada latar alamiah, dan berusaha untuk menjelaskan bagaimana individual menggambarkan, melihat ataupun memaknai dunia sosial. Pemaknaan tersebut adalah hasil interaksi sosialnya. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa nilai-nilai kearifan lokal pelestarian lingkungan Kampung Adat Kuta dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Sejarah berpedoman pada rumusan masalah dan pertanyaan penelitian, untuk memudahkan peserta didik mendapat pembelajaran dengan informasi yang dapat disajikan dalam berbagai bentuk sumber pembelajaran yakni sumber primer ,sumber sekunder, atau langsung berkunjung ke Kampung Kuta dengan mencari pengetahuan melalui gaid dan masyarakat. Pada penyusunan skripsi ini, sumber belajar sejarah dapat diterapkan pada Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka dalam materi Bab 2 yaitu Penelitian Sejarah. Kata Kunci: Nilai Kearifan Lokal, Lingkungan Kampung Adat Kuta, dan Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:46
Last Modified: 07 Feb 2024 03:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item