PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN NASHRUL HAQ AL-ISLAMY KOTA TASIKMALAYA

YULISTA, HANI (2023) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN NASHRUL HAQ AL-ISLAMY KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
5 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
8 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (50kB)
[img] Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (181kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (123kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya sadar untuk mengembangkan karakter yang baik pada anak dan mengembangkan kepribadian yang sempurna. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui mendeskripsikan pendidikan karakter melalui pembiasaan di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy serta nilai-nilai karakter yang terbagun dari adanya pendidikan karakter melalui pembiasaan di pesantren. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah pimpinan pesantren, kesantrian, guru, dan santri, serta warga sekitar pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy Kota Tasikmalaya menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dengan menjadikan kyai/ustadz dan guru sebagai panutan, dan pembimbing asrama sebagai pengawas terhadap santri. Moral knowing terhadap santri yaitu kyai dan guru menerapkan pendidikan karakter di pesantren, menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan melalui kegiatan pembiasaan religius, hidup sehat, kejujuran, tanggung jawab, kemandirian, kesederhanaan, dan disiplin. Moral feeling terhadap santri yaitu, percaya diri, tawadhu, dan empati. Moral action yang terdapat pada santri: aktif bermasyarakat, taat beribadah, tawadhu, jiwa yang mandiri. Simpulan dari melakukan kegiatan pembiasaan terhadap santri di Pesantren Nashrul Haq Al�Islamy telah terbangunnya santri yang berkarakter baik. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter, Pembiasaan, Pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:37
Last Modified: 07 Feb 2024 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item