PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

NURAGUSTIN, MELLY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah peminatan di kelas X IPS 4, hal ini dibuktikan dengan tidak terpenuhinya indikator minat belajar seperti kurangnya perasaan senang, ketertarikan siswa, keterlibatan siswa dan perhatian peserta didik pada saat pembelajaran sejarah peminatan berlangsung. Dengan begitu permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pengunaan model pembelajaran Think Pair Share pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap minat belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan kuasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar peserta didik sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberi perlakuan. Teknik analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap minat belajar peserta didik kelas X IPS 4. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:00
Last Modified: 07 Feb 2024 03:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item