NURAGUSTIN, MELLY (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (22kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (12kB) |
|
Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (91kB) |
|
Text
6. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (75kB) |
|
Text
9. KATA PENGANTAR.pdf Download (75kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (249kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah peminatan di kelas X IPS 4, hal ini dibuktikan dengan tidak terpenuhinya indikator minat belajar seperti kurangnya perasaan senang, ketertarikan siswa, keterlibatan siswa dan perhatian peserta didik pada saat pembelajaran sejarah peminatan berlangsung. Dengan begitu permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pengunaan model pembelajaran Think Pair Share pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap minat belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan kuasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket (kuesioner). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar peserta didik sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberi perlakuan. Teknik analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think pair share terhadap minat belajar peserta didik kelas X IPS 4. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 03:00 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 03:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12084 |
Actions (login required)
View Item |