NURANIDA, ESA (2023) PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT (SATLINMAS) DALAM PENINGKATAN KAPASITAS KINERJA (Studi tentang Pendidikan Nonformal di Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (37kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (351kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (371kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
5 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (7kB) |
|
Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (129kB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (396kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (314kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (185kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kapasitas Kinerja Satlinmas di Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 7 informan. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa proses Pendidikan dan Pelatihan Satlinmas dilaksanakan dengan menempuh 4 langkah penyelenggaraan diklat dimulai dari langkah awal mengkaji tujuan serta penetapan program latihan, langkah kedua merancang tahapan penerapan latihan, langkah ketiga memilah sajian dan pemetaan sumber daya yang efisien, dan langkah keempat melakukan dan mengevaluasi hasil latihan. Di dalamnya terpenuhi 10 patokan dikmas mencakup warga belajar, program belajar, tempat belajar, sarana belajar, dana belajar, pamong belajar, kelompok belajar, sumber belajar, ragi belajar, dan hasil belajar, andal dapat mewujudkan kapasitas kinerja satlinmas yang lebih optimal dengan mengisi ruang-ruang kognitif, afektif, dan psikomotorik pada diri warga belajar guna meningkatkan esksistensi dan peran satlinmas untuk menjalankan perlindungan masyarakat yang kian maksimal. Marwah, kepercayaan, dan keberadaan Satlinmas merebak di tengah masyarakat dengan kesiapan satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Hasil-hasil tersebut dapat dilihat jelas pada perubahan pengetahuan tentang pekerjaan, kemampuan kerjasama, inisiatif, disiplin dan ketertaturan kerja, dan pemanfaatan waktu yang baik yang dilakukan para anggota satlinmas setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Kata kunci: Pendidikan, Pelatihan, Diklat, Satlinmas, Kapasitas kinerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 08:06 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 08:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12066 |
Actions (login required)
View Item |