PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL

CAHYANI, SITI SOPIE (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (56kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (577kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (98kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan tahapan define, design, dan Development terhadap bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan flip pdf professional pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi 3D yang memiliki 3 tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Pada tahap define (pendefinisian) yaitu melakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design (perancangan) peneliti melakukan beberapa tahap yaitu, penggunaan strategi pembelajaran, penyajian bahan ajar, pembuatan alat penilaian bahan ajar dan pembuatan bahan ajar. Lalu pada tahap development (pengembangan) yaitu validasi bahan ajar dan melakukan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Di mana peneliti berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagi sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas penemuannya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi, dua ahli media, dan siswa kelas VIII-G SMP Negeri 11 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan flip pdf professional. Bahan ajar ini dinilai sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif yaitu membuat siswa dapat memahami materi pola bilangan berbasis etnomatematika, siswa merasa senang dengan bahan ajar yang disajikan dan termotivasi untuk semangat dalam belajar. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Etnomatematika, Flip PDF Professional, Pola Bilangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:33
Last Modified: 06 Feb 2024 07:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item