CAHYANI, SITI SOPIE (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf Download (102kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (56kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (120kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (54kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (194kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (577kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (98kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan tahapan define, design, dan Development terhadap bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan flip pdf professional pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan modifikasi 3D yang memiliki 3 tahapan. Tahapan tersebut terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Pada tahap define (pendefinisian) yaitu melakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design (perancangan) peneliti melakukan beberapa tahap yaitu, penggunaan strategi pembelajaran, penyajian bahan ajar, pembuatan alat penilaian bahan ajar dan pembuatan bahan ajar. Lalu pada tahap development (pengembangan) yaitu validasi bahan ajar dan melakukan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Di mana peneliti berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagi sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas penemuannya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi, dua ahli media, dan siswa kelas VIII-G SMP Negeri 11 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis etnomatematika menggunakan flip pdf professional. Bahan ajar ini dinilai sangat layak oleh ahli materi dan ahli media. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif yaitu membuat siswa dapat memahami materi pola bilangan berbasis etnomatematika, siswa merasa senang dengan bahan ajar yang disajikan dan termotivasi untuk semangat dalam belajar. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Etnomatematika, Flip PDF Professional, Pola Bilangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:33 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12059 |
Actions (login required)
View Item |