ALAMSYAH, ENDA NURSEHA (2023) ANALISIS POTENSI KEMACETAN PADA RUAS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN SEGMEN I KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (453kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (55kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (134kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (501kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Transportasi merupakan hal penting bagi kegiatan sehari-hari terutama di Kota Tasikmalaya. Peningkatan volume kendaraan akan mempengaruhi tingkat kinerja lalu lintas, sehingga mengakibatkan timbulnya kemacetan. Beberapa faktor pendukung terjadinya kemacetan, yaitu bertambahnya jumlah penduduk dan kebutuhan akan sarana transportasi, kendaraan yang berhenti dan parkir, penyeberang jalan, dan kendaraan tak bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja lalu lintas berdasarkan pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 21 hari dengan 3 sesi yaitu pada jam sibuk yang dimulai dari pukul 06.00 – 08.00, 11.00-13.00 dan 16.00-18.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Lokasi yang diteliti, yaitu ruas jalan Perintis Kemerdekaan yaitu pada segmen I. Ruas jalan Perintis Kemerdekaan merupakan jalan dengan dua lajur dua arah (2/2 TT). Lebar perkerasan jalan Perintis kemerdekaan yaitu 9 meter dengan kereb 1 meter. Hasil penelitian analisis volume arus puncak segmen sebesar 1686,9 skr/jam, nilai puncak hambatan samping didapat hasil frekuensi bobotnya adalah 1227,9 dengan kapasitas adalah 2379,79 skr/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,709 pada kondisi eksisting, kecepatan tempuh 24,98 km/jam dan waktu tempuh 1,56 menit.Tingkat pelayanan atau level of servis (LoS) yang didapat yaitu masuk ke dalam kategori kelas C. Kata Kunci: Derajat kejenuhan, kecepatan, tingkat pelayanan jalan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:08 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12055 |
Actions (login required)
View Item |