NURHASANAH, HANA (2024) PENGARUH GAMIFIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Gamifikasi Berupa Duplikasi Game Pokémon GO di SMA Negeri 1 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (216kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (190kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (111kB) |
|
Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (330kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (358kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (695kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
15 DAFATAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar peserta didik, salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang monoton dimana peserta didik hanya menerima materi dan sedikit dilibatkan dalam kegiatan pembelajarannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berupa gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gamifikasi dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar fisika peserta didik pada materi elastisitas bahan di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan desain Pre-Test and Post�Test with Non-Equivalent Control-Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan jumlah 252 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sebanyak kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket minat belajar dan lembar observasi pada peserta didik maupun peneliti. Jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan dan mencakup 4 indikator minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas & uji homogenitas), uji hipotesis (uji t), dan uji N-Gain Score . Hasil uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi ( ) menunjukkan bahwa setelah diterapkan gamifikasi diperoleh yaitu , sehingga diterima dan ditolak. Artinya, ada pengaruh gamifikasi dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar fisika peserta didik pada materi elastisitas bahan. Selain itu, dibuktikan dari hasil rata-rata per indikator dan lembar observasi yang mana kelas eksperimen memperoleh nilai lebih tinggi dan dibandingkan kelas kontrol. Kata kunci: elastisitas bahan, gamifikasi, minat belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:28 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11968 |
Actions (login required)
View Item |