PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MA’RIFATULLOH, AFLAH (2023) PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (70kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (184kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (104kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (391kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (981kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga menggunakan quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 6 Tasikmalaya sebanyak tujuh kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 264 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan majemuk materi virus. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi hasil belajar peserta didik kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media permainan ular tangga menggunakan quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar, Quizwhizzer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:22
Last Modified: 02 Feb 2024 02:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item