SAFITRI, ALVI AQMALIYAH (2023) EXPLORING INSTRUCTIONAL MEDIA USED BY EFL TEACHERS IN TEACHING ENGLISH AT THE JUNIOR HIGH SCHOOL LEVEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (386kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (891kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (589kB) |
|
Text
5. MOTTO.pdf Download (468kB) |
|
Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf Download (485kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (461kB) |
|
Text
7. PREFACE.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (414kB) |
|
Text
10. LIST OF TABLES.pdf Download (263kB) |
|
Text
11. LIST OF FIGURES.pdf Download (263kB) |
|
Text
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (374kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (429kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (548kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran merupakan aspek penting dalam pengajaran bahasa. Sebagai bagian dari proses belajar mengajar itu sendiri, beberapa macam media pembelajaran digunakan oleh para guru di salah satu SMP yang terletak di Tasikmalaya untuk membantu mereka dalam menyampaikan materi pembelajaran serta meningkatkan motivasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menyelidiki jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru EFL dan bagaimana guru menggunakan media tersebut dalam mengajar bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah pertama. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang guru bahasa Inggris di salah satu SMP yang berlokasi di Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif (Miles & Huberman, 1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan dua jenis media pembelajaran, yaitu media visual berupa poster digital, dan media audio visual berupa YouTube dan Microsoft PowerPoint. Selain itu, temuan penelitian juga menggambarkan bagaimana guru menggunakan setiap media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Inggris. Dalam hal ini, guru menggunakan poster digital dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Sedangkan video YouTube digunakan oleh guru sebagai media dalam kegiatan brainstorming dan pengajaran berbicara melalui dialog interpersonal. Di sisi lain, guru menggunakan Microsoft PowerPoint dalam tiga sesi selama pembelajaran yaitu sesi pendahuluan, sesi inti, dan sesi penutup sebagai alat untuk menyajikan materi pembelajaran. Kata Kunci: Guru EFL, Media pembelajaran, Mengajar Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11928 |
Actions (login required)
View Item |