Aqso, Muhamad Salman (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYAJIKAN GAGASAN DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (376kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNPYATAAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR LABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun yang terdapat pada teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik kelas VIII. Namun di SMP Negeri 1 Tasikmalaya, masih banyak yang belum menguasai kompetensi dasar tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Games Tournament dalam meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan sumber data, yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak 33 orang. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui pada siklus pertama menelaah unsur-unsur pembangun terdapat peserta didik yang telah mencapai KKM 7 orang (21%) sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 26 orang (79%). Pada menyajikan gagasan dengan memperhatikan unsur pembangun terdapat peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 8 orang (24%), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 25 orang (76%). Pada siklus kedua pembelajaran menelaah dan menyajikan gagasan dengan memperhatikan unsur – unsur pembangun, seluruh peserta didik yaitu sebanyak 33 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Berdasarkan Uji Wilcoxon, Diketahun W hitung = 0 < W tabel 280,49 (dalam taraf signifikasi 0,01). Artinya, model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:31 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11909 |
Actions (login required)
View Item |