PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUBSTANSI GENETIKA (Studi Eksperimen di Kelas XII MIPA MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

GHAISANI, GHINAA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUBSTANSI GENETIKA (Studi Eksperimen di Kelas XII MIPA MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (208kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (36kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (920kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada pembelajaran abad 21 karena kemampuan ini berguna untuk memecahkan permasalahan dan mengambil keputusan baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ketika kemampuan berpikir analitis peserta didik baik, maka akan berdampak pula kepada hasil belajarnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut melalui media pembelajaran infografis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran infografis terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar peserta didik pada materi Substansi Genetika di kelas XII MIPA MAN 3 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan majemuk untuk mengukur hasil belajar sebanyak 23 butir soal dan tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir analitis sebanyak 7 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar sebesar 0,000 < 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran infografis terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar peserta didik pada materi Substansi Genetika di kelas XII MIPA MAN 3 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: media pembelajaran infografis, kemampuan berpikir analitis, hasil belajar, substansi genetika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:35
Last Modified: 31 Jan 2024 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item