Alfiyani, Nurul Dina (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU (Penelitian Tindakan Kelas/PTK Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (362kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (309kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (182kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (234kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
Abstract
Mengidentifikasi Informasi dan Meringkas isi teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi. Pada kenyantaannya, peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Padakembang Tahun ajaran 2022/2023 banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang tahun ajaran 2022/2023 dalam mengidentifikasi dan meringkas isi teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Hasil pengolahan data menunjukan peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (33%), sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 18 orang (67%). Kemudian pada siklus kesatu dalam aspek keterampilan terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 5 orang (19%), sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 22 orang (81%). Pada siklus kedua dalam aspek pengethuan dan keterampilan nilai yang diperoleh semua peserta didik 27 orang (100%) sudah mencapai KKM. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hiting (0) < W tabel (0,01). Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis tindakan penilitian ini diterima, Artinya, model pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padakembang tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 01:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 01:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11876 |
Actions (login required)
View Item |