Faradisa, Sekar (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SUGESTI IMAJINASI BERBANTUAN MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS CERITA INSPIRATIF (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 cover.pdf Download (18kB) |
|
Text
2 lembar pengesahan.pdf Download (75kB) |
|
Text
3 lembar pernyataan.pdf Download (51kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (170kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (185kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (261kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (436kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
Abstract
Menyajikan teks cerita inspiratif merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IX berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran sugesti imajinasi berbantuan media lagu terhadap kemampuan menyajikan teks cerita inspiratif pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024, sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas IX D sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas IX A sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada KD 4.12 nilai rata-rata mencapai 56,80 (pre-test) dan 86,09 (post-test). Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada KD 4.12 mencapai 51,83 (pre-test) dan 83,03 (post-test). Peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test yang diperoleh peserta didik pada KD 4.12 di kelas eksperimen mencapai 77%, sedangkan di kelas kontrol mencapai 63%. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa Whitung (0) < Wtabel (116,56) dalam taraf signifikansi 0,01. Artinya metode sugesti imajinasi berbantuan media lagu berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyajikan teks cerita inspiratif pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11867 |
Actions (login required)
View Item |