SONIA, NIA (2023) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR, MANAJEMEN WAKTU BELAJAR, DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (Studi Korelasi di Kelas XII IPA Lintas Minat SMA Negeri 1 Karangnunggal). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (277kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (125kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (309kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (394kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (415kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (355kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (856kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar, manajemen waktu belajar, dan efikasi diri peserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Karangnunggal dengan jumlah 309 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan diperoleh 174 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji liniearitas, serta uji hipotesis menggunakan analisis statistik uji korelasi product moment person dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,05. 2) ada korelasi positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. 3) ada korelasi positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada korelasi positif dan signifikan antara minat belajar, manajemen waktu belajar, dan efikasi diri peserta didik terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: manajemen waktu, efikasi diri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:46 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11810 |
Actions (login required)
View Item |