PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP PUI Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Sari, Rita Rospita (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, DAN KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP PUI Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan dan Pernyataan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. Abstrak dan Kata Pengantar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] Text
11. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Pemerolehan nilai menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan data,gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP PUI Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 belum menguasai kompetensi dasar menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan menyajikan teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP PUI Kawalu Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dalam menelaah struktur, kaidah kebahasaan teks deskripsi, peserta didik yang telah mencapai KKM sebanyak 11 orang (34%) dan 21 orang (66%) lainnya belum mencapai KKM, pada siklus II sebanyak 32 orang telah 100% mencapai KKM. Pada aspek menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi pada siklus pertama terdapat 11 orang (34%) yang telah mencapai KKM, dan 21 orang (66%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua peserta didik yang berjumlah 32 orang (100%) telah mencapai KKM. Hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks deskripsi. Kata Kunci: struktur, kaidah kebahasaan, teks deskripsi, discovery learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:23
Last Modified: 26 Jan 2024 06:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item