ARDINI, WINA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS X MIPA DI SMAN 4 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (165kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (143kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (421kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik kelas X MIPA di SMA 4 Tasikmalaya. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIPA sejumlah 5 kelas dengan jumlah peserta didik 188 orang dan sampel diambil secara non�probability berupa purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 peserta didik dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 38 peserta didik. Desain penelitiannya menggunakan the matching-only posttest-only control group design dan pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis sebanyak 13 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent dengan berbantuan aplikasi SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis ditemukan bahwa pembelajaran biologi berbasis STEM berpengaruh signifikan sebesar 0,01 atau nilai signifikansi <0,05 terhadap keterampilan berpikir kritis. Pada hasil penelitian kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol dilihat dari skor rata-rata yang dicapai pada keterampilan berpikir kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada kelas X MIPA di SMA 4 Tasikmalaya. Kata Kunci : Pembelajaran biologi, Pendekatan STEM, Keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 02:50 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 02:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11784 |
Actions (login required)
View Item |