LAZUARDI, FAHMI MADANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM HOOKE (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (369kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (199kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (77kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (96kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (277kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (285kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hukum Hooke dan kurangnya inovasi penggunaan model dalam pembelajaran fisika. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran ICARE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hukum Hooke di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 242 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan rincian kelas XI MIPA 2 berjumlah 35 siswa, kelas XI MIPA 1 berjumlah 36 siswa. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan posttest berbentuk essay dengan jumlah soal 11 butir. Masing-masing soal tersebut terdapat salah satu indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji Wilcoxon). Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:51 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11778 |
Actions (login required)
View Item |