FITRIANI, NADIA FAUZIYYAH (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (144kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
06. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (141kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (6kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
|
Text
08. DAFTAR TABEL.pdf Download (129kB) |
|
Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (136kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (950kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model Discovery Learning berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognitif peserta didik kelas X MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode peneltian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only Posttest Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 76 orang. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu posttest hasil belajar kognitif dan angket keterampilan metakognitif. Untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dengan tes pilihan majemuk sebanyak 25 soal yang mengacu ke dalam indikator C1 – C5. Untuk mengukur keterampilan metakognitif peserta didik berbentuk angket keterampilan metakognitif sebanyak 48 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analysis of Covariant (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi yaitu 0,000 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Kata Kunci: Discovery Learning, Artificial Intelligence Learning System, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Metakognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11768 |
Actions (login required)
View Item |