HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI UMUM PUSKESMAS MANGKUBUMI

AISAH, SANI NUR (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI POLI UMUM PUSKESMAS MANGKUBUMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
9. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (259kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (223kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
15. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
6. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan Puskesmas. Kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan kualitas layanan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei analitik dengan desain Cross Sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika hubungan antara faktor-faktor terhadap suatu akibat , melalui pendekatan observasi. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan Sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan tekhnik accidental sampling dimana pasien didapatkan secara kebetulan datang dan menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Mangkubumi. Hasil penelitian menunjukan nilai p 0,000< 0,05 yang artinya ada hubungan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Ada hubungan antara kualitas pelayanan kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pasien di puskesmas Mangkubumi Kota Tasikmalaya tahun 2023. Saran yang diberikan bagi Puskesmas yaitu petugas harus selalu ada dibagian luar ruangan puskesmas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pasien masuk ke ruangan Puskesmas, diperlukan upaya peningkatan respon petugas secara cepat dalam melayani pasien, dilakukan peningkatan dan perbaikan yang berkaitan dengan fasilitas sarana dan prasana yang menunjang sesuai dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Kehandalan; Jaminan, Kualitas pelayanan, Kepuasan, Kesehatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:13
Last Modified: 25 Jan 2024 04:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item