PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE COUPLE DISCUSS LEARNING TERHADAP CRITICAL THINKING (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Priyanto, Muhammad Alifiananda (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE COUPLE DISCUSS LEARNING TERHADAP CRITICAL THINKING (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
pegesahan.pdf

Download (215kB)
[img] Text
PERYATAAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
lembaran revisi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 4 Tasikmalaya yaitu critical thinking peserta didik, hal tersebut dilihat dari pengamatan selama PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Inovasi metode pembelajaran yang digunakan adalah metode couple discuss learning, dimana metode ini merupakan sebuah metode diskusi berpasangan 2-3 kelompok anggota yang beranggotakan laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest berbentuk essai. Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS di SMAN 4 Tasikmalaya dengan sampel dua kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilty sampling yaitu purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model problem based learning dengan metode couple discuss learning terhadap critical thinking dengan mata pelajaran ekonomi, materi perdagangan internasional. Berdasarkan hasil dari penelitian menjelaskan bahwasannya terdapat peningkatan dari penerapan model problem based learning dengan metode couple discuss learning terhadap critical thinking peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil hipotesis yang menyatakan Ha diterima jika nilai sig (2-tailed) <5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya model problem based learning dengan metode couple discuss learning mampu meningkatkan critical thinking peserta didik. Kata Kunci: Couple Discuss Learning, Problem Based Learning, Critical Thinking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:44
Last Modified: 25 Jan 2024 03:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item