STRATEGI PROMOSI PRODUK TABUNGAN DI BANK BJB SYARIAH KCP SINGAPARNA

Fariha, Salsabila (2021) STRATEGI PROMOSI PRODUK TABUNGAN DI BANK BJB SYARIAH KCP SINGAPARNA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi 12 april.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bank BJB Syariah KCP Singaparna merupakan salah satu Bank Syariah yang berlokasi di Jalan Raya Tim No. 36 Cikiray Singaparna. Bank BJB Syariah melakukan kegiatan penghimpunan dana melalui produk tabungan. Jumlah nasabah produk tabungan di Bank BJB Syariah KCP Singaparna dari tahun 2017- 2019 mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Padahal target jumlah nasabah yang direncanakan oleh Bank BJB Syariah KCP Singaparna yaitu bertambah 100% dari jumlah nasabah tahun sebelumnya. Berdasarkan observasi dan wawancara sementara yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa masih kurangnya promosi yang dilakukan oleh Bank BJB Syariah KCP Singaparna terhadap produk-produk tabungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Promosi Produk Tabungan di Bank BJB Syariah KCP Singaparna, dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana Strategi Promosi Produk Tabungan di Bank BJB Syariah KCP Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri. Uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti bahwa Bank BJB Syariah KCP Singaparna menggunakan empat bauran promosi dalam mempromosikan produk-produk tabungannya. Periklanan menggunakan brosur, spanduk, radio, sponsorship dan open table. Promosi penjualan dengan pemberian special nisbah dan hadiah. Penjualan pribadi dengan menerapkan kegiatan cross selling dan canvassing kepada nasabah. Publisitas dilakukan dengan cara sosialisasi dan bekerjasama dengan berbagai instansi dan sekolah serta publikasi melalui web resmi BJB Syariah. Bauran promosi yang paling efektif dalam mempromosikan produk-produk tabungan Bank BJB Syariah KCP Singaparna yaitu menggunakan bauran promosi penjualan pribadi dan publisitas. Sedangkan untuk bauran promosi yang jarang dilakukan yaitu periklanan. Kata kunci: Strategi Promosi, Produk Tabungan, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:21
Last Modified: 25 Jan 2024 01:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11726

Actions (login required)

View Item View Item