Jannah, Karina Dian (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X TKR 1 SMK Bina Negara Baleendah Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (479kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (434kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (448kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (519kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (441kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (444kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (443kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (794kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (481kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (491kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Mengacu pada Silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas X SMK, yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks eksposisi. Akan tetapi dalam kenyataanya di kelas X TKR 1 SMK Bina Negara Baleendah Kabupaten Bandung belum semua peserta didik mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair and Share meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks eksposisi pada peserta didik kelas X TKR 1 SMK Bina Negara Baleendah Kabupaten Bandung tahun ajaran 2019/2020. Agar mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menerapkan teknik observasi, wawancara, dan tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai kualitas hasil belajar yang diharapkan. Berdasarkan pengolahan hasil nilai siklus pertama dalam aspek pengetahuan sebanyak 15 peserta didik (75%) mencapai KKM dan sebanyak 5 peserta didik (25%) belum mampu mencapai KKM. Kemudian pada aspek keterampilan sebanyak 14 peserta didik (70%) sudah mencapai KKM dan sebanyak 6 peserta didik (30%) belum mencapai KKM. Siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yaitu sebanyak 20 peserta didik (100%) telah mencapai KKM 75 yang telah ditentukan. Adanya peningkatan perolehan proses dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks eksposisi pada peserta didik kelas X TKR 1 SMK Bina Negara Baleendah Kabupaten Bandung tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11718 |
Actions (login required)
View Item |