HARSONO, ANENDRA KANEKOPUTRO (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIK PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Openg Bismillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kemampuan awal matematik peserta didik dari masing-masing kategori kemampuan awal matematik tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode think aloud. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen bantuan yaitu soal kemampuan pemecahan masalah matematik dan kemampuan awal matematik peserta didik yang berupa data dokumen pada hasil ujian akhir semester terakhir dari guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi sudah bisa mengidentifikasi masalah, mendefinisikan tujuan, menggali solusi, melaksanakan strategi, dan mengkaji kembali serta mengevaluasi. Peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematik sedang dapat mengidentifikasi masalah pada soal, mengetahui apa yang ditanyakan pada soal, bisa melaksanakan strategi dengan memasukan rumus dan operasi penghitungannya, hanya saja masih kesulitan dalam penghitungan menggunakan rumus dan mengkaji kembali. Sedangkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal matematik rendah hanya mampu mengidentifikasi masalah mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakannya saja. Kata kunci : Kesulitan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal Matematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11704 |
Actions (login required)
View Item |