INDONESIAN EFL STUDENTS' PERCEPTIONS ON THE USE OF PORTFOLIO-BASED ASSESSMENT

MA’ARIF, AHMAD SYAMSUL (2020) INDONESIAN EFL STUDENTS' PERCEPTIONS ON THE USE OF PORTFOLIO-BASED ASSESSMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER - ENCLOSURES LIST.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (334kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (328kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
REFERENCES - BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penilaian memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Salah satu bentuk Alternative Assesment yang dapat digunakan dalam mengukur keberhasilan proses belajar siswa adalah Portfolio-based Assessment (PBA). Dalam konteks ESL/EFL, beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa PBA dapat mengembangkan proses belajar ke arah yang lebih baik, melatih kemandirian dalam belajar, dan merangsang kesadaran metakognitif menulis siswa. Namun, beberapa penelitian tersebut belum mengarah pada persepsi siswa tentang PBA dalam konteks EFL di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa terhadap pemanfaatan PBA pada proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan desain Descriptive Case Study, dengan teknik analisis tematik oleh Braun & Clarke (2006) dan menggunakan wawancara sebagai teknik pengambilan data. Data hasil wawancara yang telah dilaksanakan, ditranskrip dan dianalisa menggunakan thematic analysis. Penelitian ini menghasilkan dua tema, yaitu: (1) Developing Self-monitoring on The Students’ Learning Processes (2) Promoting Learning Motivation and Self-confidence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PBA dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk memantau perkembangan belajarnya, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Portfolio-based Assessment, EFL Students, Perception.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:24
Last Modified: 24 Jan 2024 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item