PROMOTING TEACHING PRACTICUM AS A PLATFORM FOR STUDENT-TEACHER IN PURSUING TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT (TPD)

MASTHUROH, RATIH SITI (2019) PROMOTING TEACHING PRACTICUM AS A PLATFORM FOR STUDENT-TEACHER IN PURSUING TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT (TPD). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Ratih Siti Masthuroh's Thesis_Teaching Practicum As a Platform for Student Teacher in Pursuing Te.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru praktikan untuk menjadi guru yang professional. Fokus dari penelitian ini pada kompetensi professional yang mengacu pada Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Peserta dari penelitian ini terdiri dari tiga mahasiswa yang telah mengikuti Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) selama tiga bulan di berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbeda. Pengambilan data penelitian ini menggunakan semi wawancara tersetruktur kemudian dianalisis secara kualitatif, dan interpretatif dengan menggunakan analisis tematik. Hasilnya menunjukan lima tema yang muncul tentang menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tidankan refleksi dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Studi ini memberikan wawasan kepada seluruh guru praktikan dan guru untuk menjadi guru yang professional. Keyword: Teacher Professional Development (TPD), Professional Competence, Teaching Practicum, Teachers’ Perspective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:29
Last Modified: 23 Jan 2024 08:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11680

Actions (login required)

View Item View Item