EFL PRE-SERVICE TEACHER’S REFLECTIVE PRACTICE DURING TEACHING PRACTICUM FOR PROFESSIONAL DEVELOPMENT

WAHYUNINGSIH, DEFA (2020) EFL PRE-SERVICE TEACHER’S REFLECTIVE PRACTICE DURING TEACHING PRACTICUM FOR PROFESSIONAL DEVELOPMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Defa Wahyunigsih (162122116).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Calon guru bahasa Inggris memerlukan sarana untuk perkembangan dan peningkatan pengajaran mereka. Oleh karena itu, praktik refleksi diperlukan untuk membantu guru pra-jabatan merefleksikan pengajaran mereka sendiri. Jurnal refleksi tampaknya menjadi sarana yang dibutuhkan dalam praktik reflektif. Itu terjadi karena fakta bahwa jurnal refleksi menjadi alat pembelajaran baru bagi guru pra-jabatan bahasa Inggris untuk menciptakan kesadaran tentang praktik mereka saat ini. Namun demikian, masih terdapat kesenjangan mengenai bagaimana praktik refleksi dalam bentuk jurnal refleksi berkontribusi pada pengembangan profesional calon guru bahasa Inggris selama praktikum mengajar di Indonesia dapat diteliti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi praktik refleksi dalam bentuk jurnal refleksi pada calon guru bahasa Inggris dalam mengejar pengembangan profesional guru untuk mengajar bahasa Inggris kepada siswa. Peneliti menggunakan ‘penyelidikan naratif’ sebagai metode penelitian dan ‘praktik refleksi’ sebagai tekhnik dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari praktik refleksi tertulis oleh seorang calon guru dalam bentuk jurnal refleksi yang menggunakan model praktik refleksi pengembangan keprofesian oleh Gibbs (1988) dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis naratif. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan praktik refleksi dalam bentuk jurnal refleksi menggunakan model praktik refleksi pengembangan keprofesian oleh Gibbs (1988) dapat membantu seorang calon guru bahasa Inggris dalam meningkatkan pengembangan profesionalnya dalam mengajar. Kata Kunci: Guru Pra-jabatan bahasa Inggris, Praktik Reflektif, Praktikum Mengajar, Pengembangan Profesional Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:27
Last Modified: 23 Jan 2024 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item