TEACHER’S PERCEPTION OF STUDENTS’ SILENCE IN EFL CLASSROOM CONTEXT: A CASE STUDY

KANDILLA, DELLA PUTRI (2020) TEACHER’S PERCEPTION OF STUDENTS’ SILENCE IN EFL CLASSROOM CONTEXT: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover-list of enclosures.pdf

Download (687kB)
[img] Text
2. CHAPTER I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
3. CHAPTER II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. CHAPTER III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
5. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
6. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
7. REFERENCES-ENCLOSURES-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyak sekali penelitian yang telah menginvestigasi fenomena diamnya siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tetapi hanya sedikit penelitian yang mendokumentasikan persepsi yang muncul dari seorang guru terhadap fenomena ini. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sebagai landasan dasar terciptanya strategi-strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini merupakan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan secara kualitatif melalui sesi wawancara dengan seorang guru yang telah mengajar selama kurang lebih 30 tahun di sebuah sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan tematik dan hasilnya menunjukkan bahwa guru mempersepsikan fenomena diamnya siswa kedalam satu aspek psikologis yang terbagi menjadi 2 yakni, rendahnya motivasi siswa serta kurangnya kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi yang dimiliki oleh seorang guru mempengaruhi segala tindakan yang diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari beberapa strategi mengajar seperti mengintegrasikan pembelajaran berbasis game (GBL), role-play (bemain peran), memaksimalkan presentasi grup dan membangun pola hubungan positif antara murid dan guru serta dorongan eksternal lain seperti apresiasi. Beberapa strategi itu bisa diterapkan oleh seorang guru, guru pemula, dan juga calon guru khususnya ketika menghadapi fenomena diamnya siswa tersebut. Kata kunci: Diamnya Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Guru, Strategi-Strategi Pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:20
Last Modified: 23 Jan 2024 07:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item