KANDILLA, DELLA PUTRI (2020) TEACHER’S PERCEPTION OF STUDENTS’ SILENCE IN EFL CLASSROOM CONTEXT: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover-list of enclosures.pdf Download (687kB) |
|
Text
2. CHAPTER I.pdf Download (221kB) |
|
Text
3. CHAPTER II.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. CHAPTER III.pdf Download (188kB) |
|
Text
5. CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
6. CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
7. REFERENCES-ENCLOSURES-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyak sekali penelitian yang telah menginvestigasi fenomena diamnya siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tetapi hanya sedikit penelitian yang mendokumentasikan persepsi yang muncul dari seorang guru terhadap fenomena ini. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sebagai landasan dasar terciptanya strategi-strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini merupakan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan secara kualitatif melalui sesi wawancara dengan seorang guru yang telah mengajar selama kurang lebih 30 tahun di sebuah sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan tematik dan hasilnya menunjukkan bahwa guru mempersepsikan fenomena diamnya siswa kedalam satu aspek psikologis yang terbagi menjadi 2 yakni, rendahnya motivasi siswa serta kurangnya kepercayaan diri dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi yang dimiliki oleh seorang guru mempengaruhi segala tindakan yang diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari beberapa strategi mengajar seperti mengintegrasikan pembelajaran berbasis game (GBL), role-play (bemain peran), memaksimalkan presentasi grup dan membangun pola hubungan positif antara murid dan guru serta dorongan eksternal lain seperti apresiasi. Beberapa strategi itu bisa diterapkan oleh seorang guru, guru pemula, dan juga calon guru khususnya ketika menghadapi fenomena diamnya siswa tersebut. Kata kunci: Diamnya Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Guru, Strategi-Strategi Pengajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:20 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11668 |
Actions (login required)
View Item |