THE TEACHER’S EMOTIONAL MANAGEMENT IN EFL CONTEXT

RAHMAWATI, SONIA (2020) THE TEACHER’S EMOTIONAL MANAGEMENT IN EFL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI SONIA RAHMAWATI 162122117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru Bahasa Inggris menghadapi berbagai tantangan selama mengajar dikelas seperti sumber belajar (contohnya buku, bahan ajar pendukung lainnya), kedisplinan peserta didik dan pengelolaan kelas (Foncha, Abongdia & Adu, 2015). Yang mana mengharuskan guru untuk memiliki kemampuan dalam mengelola emosinya. Namun perhatian yang kurang terhadap pengelolaan emosi guru saat pengajaran dikelas. Untuk mengisi kekosongan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana guru mengelola emosinya saat pengajaran bahasa inggris dikelas. Satu guru Sekolah Menengah Kejuruan berpartisipasi sebagai peserta penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis dengan Tematik Analisis (Braun & Clarke, 2006). Temuan menunjukkan bahwa (1) Melakukan kegiatan menghibur sebagai strategi untuk mengurangi rutinitas mengajar yang jenuh, (2) Menenangkan diri dan menghindari penggunaan kata-kata kasar saat marah, (3) Strategi untuk mengurangi rasa kesal. Pada faktanya bahwa guru memiliki cara sendiri untuk mengelola emosinya saat pengajaran dikelas untuk tetap melakukan tugasnya secara professional. Kata Kunci: Emosi Guru di Kelas, Pengelolaan Emosi Guru, Guru bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:07
Last Modified: 23 Jan 2024 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item