LINDAWATI, LINDAWATI (2020) PORTRAYING THE STUDENTS’ ENGLISH SEGMENTAL FEATURES: A CASE OF INDONESIAN MIDDLE SCHOOL STUDENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI_LINDAWATI_-_162122019[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki profil pengucapan bahasa inggris pada siswa sekolah menengah yang berfokus fitur segmental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui test pelafalan diagnostik dan test membaca. Secara praktis, rubrik diagnostik membaca dengan lantang dirancang dan diatur untuk membantu menganalisis penampilan siswa dalam membaca dengan lantang. Selanjutnya, pertunjukan membaca nyaring siswa dianalisis berdasarkan video yang direkam sebelumnya. Dalam tahap ini, video biasanya diputar dan diputar ulang untuk mendapatkan analisis yang lebih akurat. Selanjutnya, hasil analisis ditabulasi untuk memudahkan deskripsi pengucapan bahasa Inggris siswa di sekolah menengah. Untuk mengakhirinya, data yang ditabulasikan disimpulkan untuk dijelaskan, diinterpretasikan dan dibahas dalam bab berikutnya (IV).Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga siswa SMP di Tasikmalaya. Ketiga partisipan tersebut diminta membaca teks yang ditulis oleh Celce Murcia (1996) dengan nyaring. Hasil pelafalan siswa dianalisis dengan cara membandingkan dengan pelafalan dengan fonetik transcription pada teks asli Celce-Murcia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki dua profil yaitu kekuatan dan kelemahan. Kekuatan: 1) konsonan; 2) monophtong. Kelemahan: 1) kesalahan konsonan; 2) kesalahan diftong; 3) salah pengucapan; instertion, menghapus, mendebarkan, dan subtitusi vokal konsonan. Kesimpulannya, profil pengucapan siswa sekolah menengah memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan yang sebagian besar dipengaruhi oleh L1 mereka, pengajaran eksplisit pengucapan dan pengetahuan latar belakang pra-sekolah menengah tentang bahasa Inggris. Kata Kunci: Pengucapan bahasa inggris, profil, fitur segmental, siswa sekolah menengah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11662 |
Actions (login required)
View Item |