PUTRA, FEBRY RIZKI (2021) EFISIENSI PEMASARAN BUAH DUKU DESA KARANGAMPEL KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
2. COVER DALAM.pdf Download (98kB) |
|
Text
6. PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (84kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (297kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (260kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (257kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (242kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
17. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji saluran dan fungsi pemasaran, biaya, keuntungan dan marjin pemasaran, dan efisiensi saluran pemasaran Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive di Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan jumlah responden yang diperoleh melalui proses bergulir sebanyak 19 orang dari lembaga pemasaran pengumpul, pedagang besar, dan pengecer di Pasar Kabupaten Ciamis dan Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Saluran Pemasaran dan Fungsi-Fungsi Pemasaran, Analisis Biaya, Keuntungan dan Marjin Pemasaran, dan Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan responden pengumpul sebanyak 5 orang, pedagang besar 2 orang, dan pengecer 12 orang. Semua responden berada pada usia produktif sekitar 15-64 tahun. Tingkat pendidikan SMA. Jumlah Anggota Keluarga berkisar 3-4 Orang. Pengalaman pemasaran Buah Duku berkisar 11-15 tahun. Berdasarkan Analisis Saluran Pemasaran terdapat 3 saluran pemasaran yaitu tingkat 1 (petani�pengumpul-konsumen), tingkat 2 (petani-pengumpul-pengecer-konsumen), dan tingkat 3 (petani-pengumpul-pedagang besar-pengecer-konsumen). Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, penanggungan risiko, dan informasi pasar. Biaya tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe 1. Biaya terendah yaitu pada saluran tingkat 2. Keuntungan tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe 1. Keuntungan terendah yaitu pada saluran tingkat 1. Margin yang tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe I dan tipe II. Margin terendah yaitu pada saluran tingkat 1. Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran tingkat 2 dan saluran pemasaran yang paling tidak efisien yaitu saluran tingkat 3 tipe I. Kata Kunci : Buah Duku, Efisiensi Saluran Pemasaran, Desa Karangampel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11645 |
Actions (login required)
View Item |