PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

PURNAMASARI, MITA (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3.KATA PENGANTAR.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian mengenai hasil belajar siswa yang masih sangat rendah, adapun tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experimental dengan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar atau achievement test. Adapun populasi sebanyak 172 siswa, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga terdapat 67 siswa yang terbagi pada kelas eksperimen 1 kelas X IPS 1 yang berjumlah 33 siswa dan kelas eksperimen 2 sebagai pembanding kelas X IPS 4 berjumlah 34 siswa. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T-Test untuk kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sedangkan untuk n-gain menggunakan uji Independent Samples T-Test adapun hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh p value kelas eksperimen 1 ρ = 0,000. Jadi diterima dan ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen 1. Untuk hipotesis kedua diperoleh p value kelas eksperimen 2 ρ = 0,000. Jadi diterima dan ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen 2. Dan hipotesis ketiga diperoleh p value kelas n-gain ρ = 0,000. Jadi diterima dan ditolak artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Jigsaw sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:21
Last Modified: 30 Oct 2019 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item