APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MONUMEN INTERNASIONAL BERBASIS AUGMENTED REALITY

Muhammad Nugraha, Firdan (2019) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MONUMEN INTERNASIONAL BERBASIS AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)

Abstract

Eksplorasi mengenai monumen internasional hanya dapat dilakukan dengan cara jalan jalan ke luar negeri, sehingga tidak semua tingkatan orang dapat dengan mudah melakukannya, terutama anak-anak tingkat sekolah dasar, untuk mengatasi masalah tersebut, dalam penelitian ini dibuat suatu media pembelajaran pengenalan monumen internasional dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR dipilih karena mampu membantu menstimulasi berfikir secara konseptual dan merasakan objek 3D, meningkatkan gambaran (representasi) dan persepsi, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan atraktif serta lebih menyenangkan, dengan adanya teknologi Augmeted Reality suatu benda yang sebelumnya hanya dapat dilihat secara 2D dapat muncul sebagai objek virtual yang dimasukkan ke dalam lingkungan nyata secara realtime. Pengenalan Pola (Pattern Recognition) yang akan diterapkan pada aplikasi ini merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data. Pengenalan pola ini dapat diartikan sebagai proses klasifikasi dari objek atau pola yang bertujuan untuk pengambilan keputusan. Metode pengenalan pola ini menggunakan Natural Feature Tracking, dimana metode pengenalan pola ini berfungsi untuk menentukan apakah suatu gambar dapat dikenali atau tidak berdasarkan pengenalan pola dengan mendeteksi dan melacak titik-titik sudut pola pada gambar, dari hal tersebut maka diperlukan suatu aplikasi untuk mengimplementasikan dan memperkenalkan Monumen Internasional yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality, dengan media edukasi yang menerapkan teknologi Augmented Reality ini, diharapkan akan membuat anakanak lebih mudah dalam hal mengingat dan lebih tertarik terhadap apa yang akan dipelajarinya karena disajikan dalam tampilan grafis dan visualisasi tiga dimensi (3D). Kata Kunci: Augemented reality, belajar, gambar, grafis, monumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:27
Last Modified: 30 Oct 2019 03:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item