PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024)

RUSWIANTI, RUSWIANTI (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (871kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (241kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (734kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan berupa rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model discovery learning berbantuan media Canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang dipilih menjadi sampel peneitian yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas ekperimen yang diketahui dari hasil pengujian hipotesis yang memperoleh nilai signifkan 0,000 ini menunjukan bahwa nilai tersebut lebih kecil daripada 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol yang diketahui dari hasil pengujian hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 ini menunjukan bahwa nilai tersebut lebih kecil daripada 0,05. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang diketahui dari nilai sig. (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,008 dan 0,007 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kemudian dilihat dari nilai rata-rata N-Gain, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,71 dibandingkan kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media Canva memberikan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Canva, Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:53
Last Modified: 19 Jan 2024 02:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item