PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024)

AFTILASYAH, WULAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (246kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
03. Pernyataan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (326kB)
[img] Text
04. Abstrak b.indo.pdf

Download (324kB)
[img] Text
05. Abstrack b.inggris.pdf

Download (322kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (329kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (208kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (203kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran (1).pdf

Download (206kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (545kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (712kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka (1).pdf

Download (437kB)
[img] Text
18. Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Manonjaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa atau tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dalam bentuk the non-equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 176 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional, dimana Ha diterima jika nilai Sig.(2-tailed) ≤ 5 % atau 0,05 dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model discovery learning dengan bantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Scrapbook

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:12
Last Modified: 18 Jan 2024 04:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item