MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION

Wulandari, Sri (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED, READING AND COMPOSITION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (112kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB II (revisi 1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III revisi 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP Negeri kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi adalah menelaah dan menulis teks deskripsi. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah dan menulis teks deskripsi di sekolah dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Dapatkah model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition meningkatkan kemampuan menganalisis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019? (2) Dapatkah model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition meningkatkan kemampuan menelaah teks deskripsi pada kelas VII di SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019; (2) dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated, Reading, and Composition meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada kelas VII di SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kriteria Ketuntasan Belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 5 Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 75. Pada siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB 9 orang peserta didik (26%) , dan peserta didik yang sudah mencapai KKB 25 orang peserta didik (74%). Pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB 34 orang peserta didik (100%). Dalam hal keterampilan pada siklus II peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB 13 orang peserta didik (39%),dan peserta didik yang sudah mencapai KKB 21 orang peserta didik (61%). Pada Siklus II peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKB 34 orang peserta didik (100%). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran CIRC mampu meningkatkan kemampuan menelaah dan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:57
Last Modified: 31 Oct 2019 01:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item