SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CILEMBANG KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023

NISA, MILA ROMADHATUN (2023) SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CILEMBANG KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3.HALAMAN P[ENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
7. DAFTAR SINGKATAN.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. PERNYATAAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (142kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan keluaran (outcome) layanan kesehatan. Kepuasan pasien timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Cilembang Kota Tasikmalaya tahun 2023. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Variabel dalam penelitian ini meliputi dimensi interpersonal manner, technical quality, accessibility/convenience, finances, efficacy/outcomes, continuity, physical environment dan availability. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang datang berkunjung dan mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Cilembang Kota Tasikmalaya dari bulan Januari 2023 – bulan Juni 2023. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan melihat tabel sampel Krejcie dan Morgan sebanyak 370 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat pada dimensi interpersonal manner 90,0% (tinggi), technical quality 78,6% (tinggi), accessibility/convenience 44,3% (sedang), finances 68,1% (sedang), efficacy/outcomes 78,9% (tinggi), continuity 76,8% (sedang), physical environment 56,2% (tinggi) dan availability 80,8% (tinggi) dengan tingkat kepuasan berdasarkan perhitungan secara keseluruhan 68,6% (tinggi). Puskesmas perlu melakukan peningkatan kualitas pelayanan pada dimensi accessibility/convenience, finances dan continuity, melakukan pengontrolan dan penegasan pada setiap tenaga kesehatan agar konsisten memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur, proses, cepat, ramah dan sopan serta sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga tingkat kepuasan masyarakat lebih tinggi dan semua pengguna layanan merasakan pelayanan yang sesuai dengan harapan. Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:26
Last Modified: 16 Jan 2024 04:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item