PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING LABORATORY (PSL) BERBANTUAN POCKETLAB PADA MATERI GELOMBANG PADA TALI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

NURLAILI, DINI (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING LABORATORY (PSL) BERBANTUAN POCKETLAB PADA MATERI GELOMBANG PADA TALI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (256kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (74kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (94kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (546kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (232kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi karena media ajar yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran di MA Persis Cempakawarna kurang menarik minat peserta didik untuk belajar dan keterlaksanaan pembelajaran di laboratorium terkendala karena keterbatasan alat dan bahan praktikum, serta peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep gelombang pada tali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat validitas lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Solving Laboratory (PSL) berbantuan PocketLab pada materi gelombang pada tali. (2) Mendeskripsikan tingkat kepraktisan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Solving Laboratory (PSL) berbantuan PocketLab pada materi gelombang pada tali. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai dengan tahap develop (pengembangan). Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA MA Persis Cempakawarna Tasikmalaya. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Untuk mengukur kelayakan E-LKPD dilakukan validasi oleh validator ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai validitas produk berdasarkan ahli sebesar 83,5% dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan berdasarkan respon pendidik sebesar 90% dan peserta didik sebesar 89,56% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD berbasis Problem Solving Laboratory berbantuan PocketLab pada materi gelombang pada tali yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: E-LKPD, Keterampilan Proses Sains, PocketLab, Problem Solving Laboratory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:43
Last Modified: 16 Jan 2024 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item