ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH AKHIR CIANGIR TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI DI KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

Rusliana, Nanang and Kadarisman, Encang and Sukarso, Aso ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH AKHIR CIANGIR TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI DI KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA. ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH AKHIR CIANGIR TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI DI KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA.

[img] Text
4187-15241-1-PB-UNSIL-2022.pdf

Download (306kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengestimasi manfaat dan kerugian yang dialami oleh masyarakat; serta memberikan alternatif pilihan kebijakan yang dapat meningkatkan manfaat dan atau mengurangi kerugian dari keberadaan TPSA Ciangir. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Benefit Cost Ratio (BCR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) di Kampung Ciangir Desa Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya memberikan dampak positif (menguntungkan) dan dampak negatif (merugikan) bagi masyarakat sekitarnya. Dampak positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat di sekitar TPSA Ciangir adalah penghasilan yang diperoleh dari pemanfaatan sampah TPSA Ciangir. Adapun dampak negatif keberadaan TPSA Ciangir yakni timbulnya pencemaran air dan udara. Pencemaran tersebut pada akhirnya akan menimbulkan biaya pengeluaran-pengeluaran tambahan bagi masyarakat di sekitar TPSA Ciangir yang mencakup biaya kesehatan yang secara langsung ditanggung oleh masyarakat di sekitar TPSA Ciangir. Hasil analisis Benefit Cost Ratio (BCR) yaitu sebesar 7,65 menunjukkan bahwa keberadaan TPSA Ciangir lebih memberikan manfaat secara langsung. Hal ini berarti bahwa pendapatan langsung yang diperoleh lebih besar 7 kali lipat daripada biaya langsung yang dikeluarkan dengan keberadaan TPSA Ciangir tersebut. Kata Kunci: Pengelolaan Sampah, Peningkatan Ekonomi, Tasikmalaya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan > Artikel Dosen Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:50
Last Modified: 05 Jan 2024 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

View Item View Item