PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa X-XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

APRILIANTY, AJENG PUTRI (2023) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa X-XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMKASIH.pdf

Download (291kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (478kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (179kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (181kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II baru.pdf

Download (474kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adanya permasalahan bagi seorang guru di mana terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa yaitu terlihat dalam nilai PAS yang nilainya masih berada di bawah KKM. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain survey. Populasi data dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X-XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya yang berjumlah 215 orang. Adapun pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified sampling (pengambilan sampel bertingkat). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, menggunakan regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X-XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X-XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi sosial terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X�XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X-XI SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:23
Last Modified: 27 Dec 2023 08:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item