ANALISIS GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Sukabumi Tahun Ajaran 2022/2023)

MUGHIS, AUDREA ERVANTY (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Sukabumi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (530kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (446kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (655kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kegiatan pembelajaran dan gaya belajar siswa SMAN 4 Sukabumi pada kegiatan pembelajaran Biologi serta untuk mendeskripsikan penyesuaian gaya belajar siswa dengan pembelajaran Biologi di SMAN 4 Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dibatasi pada empat jenis gaya belajar yang dijelaskan oleh Fleming yaitu visual, aural, read/write, dan kinesthetic. Data penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari kuesioner, observasi, dan wawancara. Kuesioner dibagikan kepada siswa lalu dilanjut dengan wawancara kepada perwakilan dari masing-masing kelas. Observasi dilakukan selama pembelajaran Biologi berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya belajar yang paling banyak ditemukan di SMAN 4 Sukabumi adalah gaya belajar aural. Siswa SMAN 4 Sukabumi memiliki gaya belajar yang berbeda-beda pada kegiatan pembelajaran Biologi. Gaya belajar yang teridentifikasi di SMAN 4 Sukabumi pada pembelajaran Biologi didominasi oleh siswa yang cenderung memiliki gaya belajar aural sebanyak 50%, lalu terbanyak kedua adalah gaya belajar reading/writing sebanyak 23,33%. Gaya belajar visual sebanyak 13,33%, dan gaya belajar kinestetik 10%. Penelitian ini juga ditemukan siswa dengan kecenderungan gaya belajar kombinasi sebanyak 2,22%. Perbedaan gaya belajar tersebut dapat diatasi oleh guru dengan menyediakan media dan menggunakan model pembelajaran yang berbeda sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Masing-masing gaya belajar bisa digunakan dalam pembelajaran Biologi, sehingga tidak ada gaya belajar yang paling cocok. Penelitian ini terbatas pada satu mata pelajaran Biologi secara utuh tanpa dipisah pada masing-masing Kompetensi Dasar sehingga batasan penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan pengembangan penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Pembelajaran Biologi, VARK Fleming

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:12
Last Modified: 27 Dec 2023 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item