MUGHIS, AUDREA ERVANTY (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Sukabumi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (428kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (442kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (530kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (446kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (655kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kegiatan pembelajaran dan gaya belajar siswa SMAN 4 Sukabumi pada kegiatan pembelajaran Biologi serta untuk mendeskripsikan penyesuaian gaya belajar siswa dengan pembelajaran Biologi di SMAN 4 Sukabumi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dibatasi pada empat jenis gaya belajar yang dijelaskan oleh Fleming yaitu visual, aural, read/write, dan kinesthetic. Data penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari kuesioner, observasi, dan wawancara. Kuesioner dibagikan kepada siswa lalu dilanjut dengan wawancara kepada perwakilan dari masing-masing kelas. Observasi dilakukan selama pembelajaran Biologi berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya belajar yang paling banyak ditemukan di SMAN 4 Sukabumi adalah gaya belajar aural. Siswa SMAN 4 Sukabumi memiliki gaya belajar yang berbeda-beda pada kegiatan pembelajaran Biologi. Gaya belajar yang teridentifikasi di SMAN 4 Sukabumi pada pembelajaran Biologi didominasi oleh siswa yang cenderung memiliki gaya belajar aural sebanyak 50%, lalu terbanyak kedua adalah gaya belajar reading/writing sebanyak 23,33%. Gaya belajar visual sebanyak 13,33%, dan gaya belajar kinestetik 10%. Penelitian ini juga ditemukan siswa dengan kecenderungan gaya belajar kombinasi sebanyak 2,22%. Perbedaan gaya belajar tersebut dapat diatasi oleh guru dengan menyediakan media dan menggunakan model pembelajaran yang berbeda sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Masing-masing gaya belajar bisa digunakan dalam pembelajaran Biologi, sehingga tidak ada gaya belajar yang paling cocok. Penelitian ini terbatas pada satu mata pelajaran Biologi secara utuh tanpa dipisah pada masing-masing Kompetensi Dasar sehingga batasan penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan pengembangan penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Pembelajaran Biologi, VARK Fleming
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 07:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11415 |
Actions (login required)
View Item |