ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

MAULANI, MAGVIRA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Perbaikan.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. Pernyataan keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (299kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. Abstract.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (262kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (6kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (7kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (7kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (217kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran analogi berdasarkan resiliensi matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket resiliensi matematis, tes kemampuan penalaran analogi, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Tasikmalaya berdasarkan hasil angket resiliensi matematis yaitu satu satu peserta didik dari setiap kategori resiliensi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan penalaran analogi dengan resiliensi matematis tinggi, memliki kemampuan penalaran analogi yang baik pada tahap encoding, inferring, mapping, dan applying. Hal ini dapat terjadi karena memiliki semangat dan keyakinan untuk menyelesaikan soal sampai menemukan jawaban akhir, tidak pantang menyerah dalam menyelesaikan soal, memiliki motivasi yang baik, serta yakin terhadap jawaban akhir yang diperoleh. (2) Kemampuan penalaran analogi dengan resiliensi sedang, memiliki kemampuan penalaran analogi yang baik pada tahap encoding dan inferring. Akan tetapi, pada tahap mapping dan applying tidak memiliki kemampuan penalaran analogi yang baik. Hal ini dapat terjadi karena memiliki semangat yang naik turun dan tidak memahami materi yang sebelumnya telah dipelajari. (3) Kemampuan penalaran analogi dengan resiliensi matematis rendah, tidak memiliki kemampuan penalaran analogi yang baik pada tahap encoding, inferring, mapping, dan applying. Hal ini dapat terjadi karena tidak memahami materi yang sebelumnya telah dipelajari, memiliki sikap mudah menyerah ketika dihadapkan pada kesulitan. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Analogi, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:07
Last Modified: 22 Dec 2023 01:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item