SATRIANI, FIRDA DEWI (2023) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DAN METAKOGNITIF SISWA DENGAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL (Studi Korelasional pada Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (279kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (431kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (193kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI - DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (506kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (776kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (980kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Self Regulated Learning diperlukan agar siswa dapat aktif dalam berpikir secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu sehingga siswa akan sadar dalam berpikir apa yang diketahui ataupun yang tidak diketahui yang disebut dengan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Self Regulated Learning dan metakognitif dengan pemahaman konseptual siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penlitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas dengan jumlah 238 siswa. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 6 sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner self regulated learning sebanyak 34 pernyataan, kuisioner metakognitif sebanyak 32 pernyataan, dan pemahaman konseptual sebanyak 25 soal tes pilihan majemuk. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan menggunakan SPSS 25 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) ada korelasi antara self regulated learning dengan pemahaman konseptual dalam kategori cukup (ii) ada korelasi antara metakognitif dengan pemahaman konseptual dalam kategori cukup. (iii) ada korelasi self regulated learning dan metakognitif dengan pemahaman konseptual dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara self regulated learning dan metakognitif dengan pemahaman konseptual siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Metakognitif, Pemahaman Konseptual, Sistem Pernapasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 01:07 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 01:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11398 |
Actions (login required)
View Item |