PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Quasi Eksperimen di SD Negeri Sukahening Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya)

ALIFMALIA, SYELIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH DENGAN MEDIA TEKA TEKI SILANG PENDIDIKAN GIZI SEIMBANG TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Quasi Eksperimen di SD Negeri Sukahening Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (227kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5. PEDOMAN PENGGUNAAN SKRIPSI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (321kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI- DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Status gizi siswa Sekolah Dasar (SD) masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Pengetahuan gizi anak menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap status gizi, karena pengetahuan tentang gizi anak akan membentuk perilaku anak saat menentukan, memilih, dan membeli makanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan gizi dengan menggunakan metode ceramah dibantu media TTS terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang siswa kelas V dan VI SD N Sukahening Kabupaten Tasikmayala. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan rancangan without control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan VI yang berusia 10-14 tahun sebanyak 88 orang. Hasil dari penelitian yaitu menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan pada tes pengetahuan gizi seimbang dengan nilai delta post test-pre test sebesar 1,6. Penelitian ini menggunakan uji univariat kolmogorov smnirnov dan uji bivariat wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan nilai pengetahuan gizi seimbang sebelum dan sesudah pendidikan gizi seimbang. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh penggunaan metode ceramah dengan media TTS terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang. Saran penelitian yaitu adanya tindak lanjut penelitian pengaruh pendidikan gizi seimbang terhadap perubahan perilaku dan sikap siswa. Kata kunci: ceramah, gizi seimbang, pendidikan gizi, teka-teki silang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:22
Last Modified: 20 Dec 2023 08:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11387

Actions (login required)

View Item View Item