KONTRIBUSI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES SMPN 4 TASIKMALAYA (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

HAKIM, DEVINA NURUL (2023) KONTRIBUSI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES SMPN 4 TASIKMALAYA (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (50kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (119kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Belajar mengandung dua pokok pengertian yaitu proses dan hasil belajar. Proses belajar disini dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan dan usaha untuk mencapai suatu perubahan tingkah laku yang positif, sedangkan perubahan tingkah laku tersebut merupakan hasil belajar. Hasil Belajar dipengaruhi melalui faktor eksternal dan internal, yaitu salah satunya kecerdasan interpersonal dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari seberapa besar kontribusi kecerdasan interpersonal dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya berjumlah 319 orang dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 80 orang. Teknik sampling menggunakan random sampling. Maka berdasarkan hasil pengolahan uji statistik, Besaran kontribusi kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar sebesar 53%. Besaran kontribusi motivasi dengan hasil belajar hasil belajar sebesar 24%. Besaran kontribusi kecerdasan interpersonal dan motivasi dengan hasil belajar mata pelajaran penjasorkes pada peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya sebesar 55%. Penelitian ini menekankan pentingnya kedua variabel tersebut terhadap hasil belajar mata pelajaran penjasorkes. Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:17
Last Modified: 15 Dec 2023 09:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item View Item