Lestari, Vinda Putri (2023) PERAN FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (Studi Kasus pada Program Minggu Ulin di PKBM SARASA, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (109kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (226kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (167kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Anak-anak di kampung Cibunar memiliki beberapa permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya moral, kegiatan minggu ulin melalui permainan tradisional merupakan upaya yang dilakukan fasilitator di PKBM Sarasa untuk mengurangi permasalahan tersebut serta fasilitator akan menanamkan nilai-nilai karakter anak melalui pembiasaan-pembiasaan baik, karena saat bermain anak ditemani oleh fasilitator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi peran fasilitator dalam pendidikan karakter anak melalui permainan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh data bahwa terdapat implementasi peran fasilitator dalam kegiatan minggu ulin berdasarkan teori peran fasilitator yaitu sebagai Korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Pembimbing, Mediator, serta Evaluator. Melalui peran tersebut fasilitator menanamkan nilai karakter anak melalui permainan tradisional, karena salah satu upaya mengoptimalkan karakter anak dapat dilakukan dengan kegiatan bermain. Melalui bermain anak belajar tentang dirinya, orang lain serta lingkungan sekitar. Simpulan dari penelitian ini yaitu peran fasilitator dalam permainan tradisional adalah kunci untuk memastikan bahwa nilai-nilai karakter yang ingin disampaikan dapat dipahami dan diinternalisasi oleh anak-anak. Kegiatan minggu ulin melatih karakter anak dengan moto jaga diri, jaga teman, jaga lingkungan yang selalu fasilitator kampanyekan. Kata Kunci: Fasilitator, Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 09:17 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 09:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11379 |
Actions (login required)
View Item |