PERAN FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (Studi Kasus pada Program Minggu Ulin di PKBM SARASA, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis)

Lestari, Vinda Putri (2023) PERAN FASILITATOR DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (Studi Kasus pada Program Minggu Ulin di PKBM SARASA, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak di kampung Cibunar memiliki beberapa permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya moral, kegiatan minggu ulin melalui permainan tradisional merupakan upaya yang dilakukan fasilitator di PKBM Sarasa untuk mengurangi permasalahan tersebut serta fasilitator akan menanamkan nilai-nilai karakter anak melalui pembiasaan-pembiasaan baik, karena saat bermain anak ditemani oleh fasilitator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi peran fasilitator dalam pendidikan karakter anak melalui permainan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh data bahwa terdapat implementasi peran fasilitator dalam kegiatan minggu ulin berdasarkan teori peran fasilitator yaitu sebagai Korektor, Inspirator, Informator, Organisator, Motivator, Pembimbing, Mediator, serta Evaluator. Melalui peran tersebut fasilitator menanamkan nilai karakter anak melalui permainan tradisional, karena salah satu upaya mengoptimalkan karakter anak dapat dilakukan dengan kegiatan bermain. Melalui bermain anak belajar tentang dirinya, orang lain serta lingkungan sekitar. Simpulan dari penelitian ini yaitu peran fasilitator dalam permainan tradisional adalah kunci untuk memastikan bahwa nilai-nilai karakter yang ingin disampaikan dapat dipahami dan diinternalisasi oleh anak-anak. Kegiatan minggu ulin melatih karakter anak dengan moto jaga diri, jaga teman, jaga lingkungan yang selalu fasilitator kampanyekan. Kata Kunci: Fasilitator, Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:17
Last Modified: 15 Dec 2023 09:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item View Item