Oktaviani, Mega Trini (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE RODA DUA GO-RIDE DAN MAXIM BIKE MENGGUNAKAN METODE PIECES DAN NIELSEN MODELS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (317kB) |
|
Text
2 Pengesahan.pdf Download (401kB) |
|
Text
3 Penguji.pdf Download (317kB) |
|
Text
4 Pernyataan.pdf Download (240kB) |
|
Text
5 abstrak.pdf Download (283kB) |
|
Text
6 kata pengantar.pdf Download (346kB) |
|
Text
7 daftar isi.pdf Download (345kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (354kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (456kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (507kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Transportasi online merupakan contoh pengembangan teknologi berbasis aplikasi yang dianggap salah satu inovasi terbaik saat ini, khususnya transportasi online roda dua. Berbagai macam jenis aplikasi transportasi online roda dua bermunculan, diantaranya perusahaan Gojek dan Maxim. Rating pada aplikasi Playstore menunjukan Maxim lebih unggul dengan memiliki rating 4,7 dengan jumlah unduhan sekitar 50 juta dibandingkan Gojek yang hanya 4,4 namun dengan jumlah unduhan yang lebih banyak yaitu 100 juta. Penelitian ini berfokus mengukur dan menganalisis perbandingan kepuasan pengguna menggunakan metode PIECES yang mencakup Performance, Information, Economic, Control, Efeciency dan Service dan penambahan indikator dari metode Usability Testing berdasarkan Nielsen Model yang mencakup Learnability, Memorability, Error dan Satisfaction terhadap layanan Go-Ride dan Maxim Bike di wilayah Kota Tasikmalaya, mengevaluasi apakah rating aplikasi pada playstore berhubungan dengan kepuasan pengguna layanan Go-Ride dan Maxim Bike di Kota Tasikmalaya, serta mengevaluasi transportasi online roda dua mana yang sesuai dengan kepuasan pengguna warga Kota Tasikmalaya. Hasil dari perhitungan pernyataan yang telah diberikan kepada responden pengguna layanan Go-Ride dan Maxim Bike di wilayah Kota Tasikmalaya dengan hasil yang tidak berbeda jauh yaitu keunggulan layanan Go-Ride dengan nilai 4,0 kategori sangat puas sedangkan Maxim Bike bernilai 3,8 dengan kategori puas. Go-Ride unggul dalam delapan indikator yaitu Performance, Information, Control, Service, Learnability, Memorability, Error, dan Satisfaction sedangkan Maxim Bike unggul pada indikator Economics dan Efficiency. Hasil keseluruhan ini menunjukan bahwa rating pada Playstore berbanding terbalik dengan kepuasan pengguna Go-Ride dan Maxim Bike di Kota Tasikmalaya serta mengetahui transportasi online roda dua yang sesuai dengan kepuasan pengguna warga Kota Tasikmalaya adalah Go-Ride. Kata Kunci: Go-Ride, Kepuasan Pengguna, Maxim Bike, Nielsen Models, PIECES
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 07:57 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 07:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11376 |
Actions (login required)
View Item |